Selasa, 25 Juli 2017

Banyak Makan Kacang jadi Jerawatan? Makanya Gunakan Paket Obat Penghilang Jerawat Pratista

Espacioco - Mungkin JerawatHaters akan langsung ilfeel (ilang feeling) jika dihadapkan dengan makanan berprotein tinggi yang satu ini. Pasalnya, banyak mitos yang menyatakan bahwa kacang tanah atau jenis kacang lainnya dapat menyebabkan jerawat. Benarkah? Makanya kalau punya jerawat kamu bisa gunakan paket obat penghilang jerawat pratista.

Sebenarnya, anggapan tersebut tidak bisa dibenarkan. Kacang tanah atau jenis kacang-kacangan lain secara langsung sama sekali tidak berhubungan dengan kehadiran jerawat di wajah kita. Apalagi ada sebagian orang yang mengira komedo adalah ujung dari kacang yang tidak bisa dicerna dan akhirnya dibuang melalui wajah. Please, itu pemikiran yang konyol dan tidak berdasar!. Namun, melalui pendekatan dan studi ilmiah, kacang-kacangan terbukti terlibat meskipun secara tidak langsung bagi kehadiran jerawat pada wajah JerawatHaters.

Kacang tanah maupun jenis kacang-kacangan lainnya sering digunakan sebagai bahan pengganti (subtitusi) bagi sebagian orang yang memilih untuk tidak mengkonsumsi makanan hewani atau yang juga kita kenal dengan masyarakat vegetarian. Bahkan, kacang juga sangat cocok untuk menu diet sehat.

KANDUNGAN DALAM KACANG
Kacang tanah mengandung lemak (40-50%), protein (27%), karbohidrat, lesitin, kolin, serta banyak vitamin bermanfaat lainny(A, B, C, D, E, dan K). Kacang tanah juga mengandung mineral antara lain Calcium, Chlorida, Ferro, Magnesium, Phospor, Kalium, dan Sulfur[1]. Protein yang terkandung dalam kacang tanah jauh lebih tinggi daripada yang terkandung di dalam daging, telur, dan kacang soya (kacang kedelai). Ia juga mengandung asam amino yang tinggi[2]. Minyak dari kacang tanah adalah sumber terbaik pencuci perut. Namun, dengan aktivitas hormon yang tidak stabil, karbohidrat dan protein dalam kacang dapat meningkatkan insulin dalam darah. Ditambah dengan meningkatnya lemak jenuh di dalam tubuh, kacang tanah menjadi sebuah bahan yang berbahaya dan dapat menyebabkan jerawat muncul seketika.



KACANG PENYEBAB JERAWAT
Pada kasus tertentu, mengkonsumsi kacang tanah dapat menyebabkan jerawat atau bahkan memperparah jerawat yag ada karena aktivitas kelenjar sebum/minyak dalam memproduksi minyak, penyumbatan saluran folikel pada pori2 kulit, dan inflamasi di bawah permukaan kulit. Namun, itu hanya terjadi pada beberapa kasus kecil dan bagi mereka yang memang tidak toleran (alergi, baca: penyebab jerawat) dengan kacang tanah maupun jenis kacang-kacangan lainnya. Simak juga daftar makanan penyebab jerawat yang harus kamu jauhi.

MENGATASI JERAWAT PADA WAJAH
Kamu tidak perlu takut untuk memakan kacang tanah atau jenis kacang-kacangan lain, karena lemak dari kacang tanah atau jenis kacang-kacangan lain yang dapat menyebabkan jerawat dapat dinetralisir dibuang melalui pori-pori kulit. Untuk itulah, berolahraga merupakan salah satu pilihan dan juga solusi jitu agar nutrisi dalam makanan berprotein tinggi ini bisa terserap dan bermanfaat bagi tubuh secara optimal. Selain itu, konsumsi air mineral yang cukup juga dapat membantu proses purifikasi dan pembuangan minyak jenuh penyebab minyak berlebih pada wajah melalui keringat.

TIDAK SEMUA KACANG MENYEBABKAN JERAWAT
Selain itu, tidak semua jenis kacang-kacangan  dapat memicu jerawat (meskipun tidak secara langsung). Justru beberapa kacang seperti kacang almond dan kacang mete yang mengandung asam oksalat baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat[3]. Kacang kedelai juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kecantikan kulit. Omega 3 dari kacang kedelai telah terbukti dapat melawan inflamasi di tubuh dan mencegah kulit kering serta menjadikan kulit tampak muda[4].



Oleh karena itu, kamu nggak boleh ilfil duluan jika liat makanan dengan bahan dasar kacang tanah atau jeis kacang-kacangan lainnya. Namun, kamu juga harus tetap waspada dan disiplin dalam merawat keseimbangan tubuhmu dengan cara berolahraga dengan teratur. Tentu saja, hal ini merupakan salah satu solusi preventif agar jerawat tidak muncul di wajah kamu secara tiba-tiba. Jika jerawat kamu sudah sangat parah, pastikan untuk tidak lebih memperparahnya lagi, ikuti tips berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar