Minggu, 17 September 2017

Begini Membuat Kipas Angin Sperti AC Tapi Mending Instalasi AC Central

Espacioco - Kalian ngerasa gak kalo akhir-akhir ini cuaca di Indonesia jadi semakin hot alias panas? Kalo pas liat berita mesti ada berita beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan akibat cuaca yang sangat panas sementara hujan tidak kunjung turun. Kalo menurut para ahli nih, ini adalah efek dari Global Warming gais, alias pemanasan global gitu. Itu makanya kalian harus instal instalasi AC Central yang bagus banget buat kantor maupun gedung.

Panasnya cuaca juga menyebabkan beberapa dampak negatif loh gais, yang paling sering dialami sih menjadi gampang emosi kalo pas lagi di jalan raya. Apalagi kalo pas naek motor, jalanan macet, dan pengguna jalan yang lain pada ngawur naek motor/mobilnya, mesti bikin emosi banget deh. Selain dampak tersebut, kalo cuaca panas juga gampang bikin haus gais, bentar-bentar jajan es, kan bikin boros tuh. Tapi ada dampak positifnya juga kalo cuaca panas kayak gini, bisa bikin cucian cepet kering gais, gak bakalan kehabisan stok daleman deh.

Dikala cuaca panas hal yang paling enak buat dilakukan adalah nyemplung ke air, entah itu di kolam renang, atau di kali, atau sekedar byar-byur di kamar mandi juga bisa. Pokoknya yang bersentuhan sama air, pasti bisa bikin badan jadi seger. Tapi nih biasanya kalo udah gak bersentuhan dengan air badan akan terasa panas lagi gais.

Selain mainan air, kalo cuaca sedang panas juga enaknya minum es ya gais, mau es buah, es teh, ato air es yang penting minum es. Tapi ya itu, kalo es yang diminum udah habis nanti lama-lama badan akan berasa panas lagi. Masa iya mau minum es terus? Bisa kembung nanti perutnya gais.

Cara yang paling efektif untuk bisa “bertahan” dicuaca yang sedang panas adalah dengan ngadem di ruangan yang ber-AC. Tau sama yang namanya AC kan gais? Itu loh Air Conditioner, yang bisa bikin ruangan dan badan menjadi adem. Berhubung alat ini bisa dibilang alat pendingin dengan harga yang gak murah, maka gak semua orang bisa menikmati kecanggihan alat ini untuk mendinginkan badan.

Alat lain yang mempunyai fungsi serupa adalah kipas angin gais. Tapi kalo kipas angin dijamin gak bakalan bisa bikin adem seperti AC, yang ada malah bisa bikin badan jadi masuk angin. Tapi tenang aja, ada caranya loh biar kipas angin bisa berfungsi sedingin AC. Cara ini merupakan cara D.I.Y alias Do It Yourself, jadi bisa kalian lakukan sendiri dirumah.

Yang dibutuhan cuma kipas angin, pipa tembaga, cable ties, pompa akuarium kecil, selang air kecil, wadah untuk menampung air (ember dan sejenisnya) dan es batu. Biaya yang dikeluarkan juga gak mahal-mahal banget kok gais, yang jelas lebih murah daripada kalo beli AC. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar